Makalah Sistem Komputer
Fetchin, Decoding dan Executing
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Pelajaran Sistem Komputer

Kelompok 2 :
Ketua : NITA MUSTIKA - 131410016
Anggota :
1. RINI MARYANI- 131410022
2. MUHAMMAD NIZAR - 131410014
3. WIWIN KARTINI- 131410027
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
S M K
AS-SYUKRON
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas
segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan,
petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam administrasi pendidikan dalam
profesi keguruan.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki
bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena
pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada
para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk
kesempurnaan makalah ini.
Limbangan,23 januari 2015
Penyusun
Kelompok 2
DAFTAR ISI
DAFTAR
ISI..............................................................................................................i
KATA
PENGANTAR...............................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................................1
1.Latar Belakang
2.Maksud dan tujuan
BAB II
LANDASAN
TEORI.................................................................................................2
BAB III
PENUTUP..................................................................................................................9
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................10
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad
ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada
prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast),
tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi
kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga
memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi
yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar.
Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika
diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga
informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya
mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda
pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian
infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi
komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz &
Rey, 2005):
2. Maksud dan Tujuan
Dengan adanya makalah ini di harafkan
siswa-siswi dapat memahami maksud
dan tujuan komputer,dan dapat mempelajariny dengan mudah.
BAB II
LANDASAN TEORI
1. Siklus Instruksi Penjelasan siklus intruksi
:
Siklus intruksi merupakan rangkaian tahapan operasi, yaitu operasi pengambilan (fetch), indirect, eksekusi dan pengolahan interupsi bila ada.
Siklus intruksi merupakan rangkaian tahapan operasi, yaitu operasi pengambilan (fetch), indirect, eksekusi dan pengolahan interupsi bila ada.
LANGKAH-LANGKAH SIKLUS PENGAMBILAN.
1. Alamat intruksi berikutnya dimuat ke PC.
2. Memindahkan alamat ke MAR
3. Kontrol unit menspesifikasikan perintah READ.
4. Hasil data dari memory diletakkan ke bus data.
5. Data dari bus data dikirim ke MBR
6. PC menambah 1 nilainya
7. Data intruksi dipindahkan dari MBR ke IR
8. MBR sekarang bebas untuk fetch berikutnya.
SIKLUS TAK LANGSUNG
– Setelah siklus pengambilan, siklus berikutnya adalah mengambil operand sumber.
– Dengan asumsi format intruksi satu alamat, dimana pengalamatan langsung dan tak langsung diijinkan.
– Apabila operasi tersebut menspesifikasi alamat tak langsung, maka siklus tak langsung harus mendahului siklus eksekusi. Contoh aliran data tak langsung dalam operasi mikro
1. Alamat intruksi berikutnya dimuat ke PC.
2. Memindahkan alamat ke MAR
3. Kontrol unit menspesifikasikan perintah READ.
4. Hasil data dari memory diletakkan ke bus data.
5. Data dari bus data dikirim ke MBR
6. PC menambah 1 nilainya
7. Data intruksi dipindahkan dari MBR ke IR
8. MBR sekarang bebas untuk fetch berikutnya.
SIKLUS TAK LANGSUNG
– Setelah siklus pengambilan, siklus berikutnya adalah mengambil operand sumber.
– Dengan asumsi format intruksi satu alamat, dimana pengalamatan langsung dan tak langsung diijinkan.
– Apabila operasi tersebut menspesifikasi alamat tak langsung, maka siklus tak langsung harus mendahului siklus eksekusi. Contoh aliran data tak langsung dalam operasi mikro
Contoh Gambar :
2. Fetch



Fetch merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori
utama ke CPU.
Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch,
fetch phase, fetch cycle, atau instruction cycle.
Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan oleh CPU
terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang
dikerjakannya. Pertama kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari
luar chip, biasanya dari DRAM. Misalnya perintah
matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam beberapa kasus, data yang
digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di dalamnya, sedangkan dalam
beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan alamat dimana data
yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang akan diproses berada
tersebut dengan address.
Jadi dalam perintah penambahan, yaitu “add” bisa langsung berupa
nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan atau alamat dimana nilai x dan
nilai y berada, yang disebut dengan address x dan address y. Sebuah instruksi
sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan aksi yang
akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang
akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi matematika
untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya adalah add,
inilah yang disebut dengan opcode.
Contoh Gambar :

3. Decode: adalah kebalikan dari Encode yaitu kode/tag HTML normal yang dipakai untuk
pernak-pernik situs seperti membuat link, menampilkan gambar, teks besar dan
lain-lain. Intinya jika kita ingin menampilkan kode/tag HTML disebuah halaman
yang belum mendukung Syntax Highlighter
maka kita wajib meng-Convert beberapa TagHTML
tersebut menjadi beberapa karakter yang disebut Encode
.
Contoh
Gambar :


4.
Execute
pengertian Execute Disable Bit
adalah teknologi milik intel yang diterapkan pada prosesor untuk mencegah kode
program jahat untuk masuk dalam buffer memori. teknologi ini untuk menangkal
virus yang bekerja dengan memanfaatkan memori sistem.
Fitur Execute Disable Bit bisa diaktifkan melalui Motherboard.
Contoh Gambar :

5. Store
Store image merupakan kepribadian toko yang melekat di benak
konsumen terhadap sebuah ritel. Seperti produk, sebuah toko juga memiliki
kepribadian. Beberapa toko bahkan memiliki image yang sangat jelas di
dalam benak konsumen. Dengan kata lain, image sebuah toko adalah
kepribadian sebuah toko. Kepribadian atau image toko menggambarkan apa
yang dilihat dan dirasakan oleh konsumen terhadap toko tertentu. Bagi konsumen,
kepribadian itu juga mewakili suatu gambaran dan merancang apa yang diinginkan,
dilihat, dan dirasakan oleh konsumen terhadap toko tertentu. Menciptakan sebuah
image yang baik bagi konsumen adalah pekerjaan yang tidak mudah.” Image
adalah suatu bayangan atau gambaran yang ada di dalam benak seseorang yang
timbul karena emosi atau reaksi terhadap lingkungan sekitarnya” (Sopian dan
Syihabudhi, 2008: 138).
Definisi store image menurut
Peter dan Olson adalah “suatu yang di pikirkan konsumen tentang suatu toko
termasuk di dalamnya adalah persepsi dan sikap yang dirasakan pada sensasi dari
rangsangan yang berkaitan dengan toko yang diterima melalui lima indara” (2000:
248). Pengertian lain menurut Utami “Store image adalah gambaran
keseluruhan yang lebih dari sekedar penjumlahan per bagian, dimana
masing-masing bagian berinteraksi satu sama lain dalam pikiran konsumen” (2010:
270). Dengan demikian store image terbentuk dari fungsi multiatribut
yang saling berhubungan satu sama lain dengan bobot masing-masing.
|
|
Contoh Gambar :

6. Siklus Fetch
-di awal setiap siklus, CPU akan membaca dari
memori utama,
-sebuah register, yang disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya,
-ketika CPU membaca sebuah instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya,
-lalu instruksi-instruksi yang dibaca tersebut akan dimuat dalam suatu register yang disebut register instruksi (IR), dan akhirnya
-CPU akan melakukan interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode binari, dan melakukan aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.
-sebuah register, yang disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya,
-ketika CPU membaca sebuah instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya,
-lalu instruksi-instruksi yang dibaca tersebut akan dimuat dalam suatu register yang disebut register instruksi (IR), dan akhirnya
-CPU akan melakukan interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode binari, dan melakukan aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.
Contoh Gambar :

7. Siklus Decode
Decode instruksi :
Decoder instruksi menafsirkan dan mengimplementasikan instruksi. memegang instruksi saat ini, sementara program counter (PC) memiliki alamat dalam memori dari instruksi berikutnya akan dieksekusi.
Ambil data dari memori utama
Baca alamat efektif dari memori utama jika instruksi memiliki alamat tidak langsung Fetch diperlukan data dari memori utama untuk diproses dan tempat ke dalam register data.
Jalankan instruksi
Dari daftar instruksi, data yang membentuk instruksi ini diterjemahkan oleh unit kontrol . Kemudian melewati informasi dekode sebagai urutan sinyal kontrol ke unit fungsi yang relevan dari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke unit aritmatika logika (ALU) untuk menambahkan mereka bersama-sama dan menulis hasilnya kembali ke register. Sebuah kondisi sinyal dikirim kembali ke unit kontrol oleh ALU jika terlibat.
Decoder instruksi menafsirkan dan mengimplementasikan instruksi. memegang instruksi saat ini, sementara program counter (PC) memiliki alamat dalam memori dari instruksi berikutnya akan dieksekusi.
Ambil data dari memori utama
Baca alamat efektif dari memori utama jika instruksi memiliki alamat tidak langsung Fetch diperlukan data dari memori utama untuk diproses dan tempat ke dalam register data.
Jalankan instruksi
Dari daftar instruksi, data yang membentuk instruksi ini diterjemahkan oleh unit kontrol . Kemudian melewati informasi dekode sebagai urutan sinyal kontrol ke unit fungsi yang relevan dari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke unit aritmatika logika (ALU) untuk menambahkan mereka bersama-sama dan menulis hasilnya kembali ke register. Sebuah kondisi sinyal dikirim kembali ke unit kontrol oleh ALU jika terlibat.
Contoh Gambar :

BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Setelah disusunnya makalah ini dapat
disimpulkan bahwa komputer bukanlah alat elektronik yang sulit digunakan dan
asing bagi kita. Untuk memudahkan dalam penggunaan komputer, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam
proses pembelajaran .hendaklah kita pelajari terlebih
dahulu materi-materi dan cara-caranya. Dengan demikian tidak akan timbul kesulitan-kesulitan dalam
mempelajarinnya dan akan lebih
mudah untuk mempelajarinya.
2. Saran
Untuk penyempurnaan suatu
makalah, sebaiknya diberikan suatu kritikan yang gunanya untuk membangun dan
penyempurnaan suatu makalah tersebut. Selain saran yang dapat membangun adalah
makalah tersebut sebaiknya dibuat berdasarkan materi-materi yang ada dan
berkualitas sempurna, sehingga pembaca tidak melakukan kesalahan setelah
membacanya.
DAFTAR PUSTAKA
wulandyansyah10.blogspot.com jumat 23 januari 2015
pukul :13.00
noer345.blogspot.com.jumat 23 januari 2015
pukul :13.05
sumber-informasi.com › Css
dan html
jumat 23 januari 2015 pukul :13.05 mrtianpengertian.blogspot.com.jumat 23 januari 2015
pukul :13.08
nurlaeli3.blogspot.com.januari jumat 23 2015
pukul : 13.08
0 komentar:
Posting Komentar